Minggu, 13 November 2011

Realisasi KUR Sudah 122%

JAKARTA - Realisasi penyaluran kredit Usaha Rakyat (KUR) pada tahun ini telah jauh melampaui target yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp20 triliun.

"Jumlah KUR awal November 2011 sudah mencapai sekira Rp24,555 triliun atau 122,8 persen dari target Rp20 triliun," jelas Deputi Menteri BUMN bidang Usaha dan Jasa Parikesit Suprapto Kementerian BUMN, di kantornya, Jakarta, belum lama ini.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa berencana menaikkan dana KUR nasional didorong oleh tingginya minat masyarakat dalam menggunakan dana KUR menjadi Rp25 triliun. Tahun sebelumnya, dana KUR yang disiapkan pemerintah sebesar Rp20 triliun.


Hatta mengatakan, KUR banyak diminati karena memang didesain untuk memfasilitasi masyarakat yang memiliki usaha tetapi terkendala dana. Skema yang disiapkan juga cukup ringan. Misalnya, pinjam Rp20 juta ke bawah tidak perlu ada jaminan. Skema lain, misalnya ada bunga rendah lima persen per tahun.

Jumlah nasabah KUR juga terus tumbuh. Sejak 2007 ada enam juta nasabah dan lebih dari 600 ribu orang naik kelas menjadi bankable. Diharapkan 10 persen dari 600 itu diharapkan menjadi pengusaha tingkat menengah.

Namun, Syarifudin Hasan yang kala itu masih menjabat sebagai Menteri Koperasi dan UKM mengatakan, pemerintah mempunyai rencana untuk menambah target KUR yang saat ini berada di angka Rp20 triliun. "Jadi masih Rp20 triliun target penyaluran per tahun. Kalau bank tetap mau salurkan lebih ya kita dukung," tandasnya. (mrt) (rhs)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar